border

border

Selasa, 18 Agustus 2015

[ Review ] Sinetron " I Remember You / Hello Monster "

Tahun ini beneran jadi tahun rekor sinetron korea yang paling banyak ga gue tamatin, entah karena males, ceritanya ngawur di pertengah ep, ga sreg sama pemaennya, ceritanya tipikal, dan gue suudzon aja belom di tonton udah ogah-ogahan. 

Dan setelah sekian banyak drama korea yang gue drop, akhirnya ku menemukanmu. Hari rabu kemaren  gue baru nyelesain namatin I Remember You/Hello Monster. Yeay tapi Hiks harus berpisah dengan sinetron ini . Awalnya gue nonton ini karna Seo In Guk. Secara  doi kesayangan nomer 1, lalu ga berkespektasi tinggi kalo dramanya bakal sebagus ini.  

 Drama ini beneran salah satu drama yang paling berkesan, karena gue ngikutin banget drama ini dari jaman kesayangan no 2 gue sampe kesayangan 10 besar gue yang considering  jadi male lead di drama ini. Sampe pada akhirnya male leadnya jatoh ke seo in guk. Sebenernya bingung, 2 aktor yang sebelumnya considering,  dua-duanya se Vibe dan emang lebih ke drama yang serius. Lalu tiba tiba muncul seo in guk yang confirm padahal dia lebih condong ke  Romcom dan goofy character. Padahal di deskripsinya,  karakter Lee hyeon itu, genius, tiis, spitefull tongue,rude. 

Pertama kali baca sinopsisnya, ceritanya aga aneh, dan ga yakin. Tapi karna berhubung ini kerja sama KBS dengan Cj, gue yakin ceritanya bagus. Awalnya genrenya thriller tapi setelah SIG yang jadi leadnya deskripsi genrenya  di tambahin romcom juga, dan judul yang awalnya Hello Monster di rubah jadi I remember You. Jauh banget perubahan judulnya dan karna banyaknya perubahan-perubahan  tersebut ekspektasi gue semakin rendah. Sampai keluarlah poster dramanya.

Gue semakin yakin drama ini jatuhnya bakal kaya  drama polisi tipikal korea (kecuali tv kabel) yang seiring berjalannya waktu lebih fokus ke romance. Trailernyapun romcom banget. 

Sampe tibalah  gue nonton ep 1, kesiudonan gue runtuh. Jalan ceritanya ternyata aga dark, diberi sentuhan komedi. Genrenya  lebih ke psikologikal, dan fokus ke parental issue, romancenya pun bukan prioritas. Jadi selama ini make sense aja profesi pemeran utamanya tuh profiler buka polisi.

2 episode awal cukup bikin gue tertarik tapi belum sampai level ketarik. Dan datanglah ep 5 dan fix banget gue ketarik banget sama drama ini. Untuk komedi, di episode awal-awal gue ngerasanya "ni apa sih garing banget" tapi makin tua episodenya wa ngerasa "parah nih komedinya gue banget, kepikiran gitu, cerdas banget".  

Drama ini emang bukan tipikal drama korea kebanyakan, tapi bukanberati, ini yang  pertama kali ngeluarin  tema seperti  ini. Yang bikin kaget dari drama ini  adalah si writernya beneran jago nge mix  genrenya. Psikologikal thriller, komedi, romance jadi satu paket yang pada awalnya gue ga kepikiran kalo 3 genre ini bakal bisa di satuin, dan sukses.

I remember you  lebih  fokus ke ingatan Lee hyeon yang hilang, sembari dia bingung kenapa dia dulu di sebut monster sama ayahnya. Sambil menyenggol topik  parental issue, cara orang berfikir, keluarga, pentingnya rasa cinta dan kasih sayang, psikopat itu lahir karna "dibentuk" atau "muncul secara alami", dan tentunya pilihan. 
Ketika nonton ini, kita beneran digiring untuk simpati sama semua karakter yang ada di drama ini, bahkan sama psikopat pun. Nontonya pun beneran ngaduk-ngaduk perasaan kita. Nontonya harus pake hati. 
Setelah gue nonton drama ini jadi mikir ternyata semua orang itu sama, cuma cara berfikirnya aja yang beda, dan proses berfikir itulah yang menghasilkan bahwa kita itu orang seperti apa, baik kah? apa buruk kah? Untuk jalan cerita beneran konsisten walopun ratingnya rendah, plotnya beneran keiket. Writernya kaya beneran ngerancang ceritanya mateng banget. Untuk dialognya pun beneran cerdas ga kaya drama normal. Kalo nonton drama ini jangan dulu siudzon ga logis, karna di episode berikutnya bakal ada penjelasan kenapa "hal" itu terjadi. Untuk directingnya pun keren banget beneran keren.  Gue suka cara pengambilan gambar di i remember you/ hello monster.
Drama ini  twistnya bukan "siapa ini siapa itu" tapi lebih ke cara berfikir, reasonnya dan motifnya. Gue suka referensi dari drama ini, kaya salah satunya mitologi yunani, dan lain lain. Jadi sekalian nambah imu pengetahuan.

Untuk episode akhir, writernya lebih milih open ending. Pada awalnya gue mikir kok kaya kentut sih endingnya. Tapi pas nonton 2 kali, gue ngerasa emang ini jalan yang paling bener.

(SPOILER) Dan untuk lee joon young yang masih berkeliaran sih wajar. Karna sama sekali gaada bukti dan data. Salah satu cara buat ngejeblosin dia kepenjara ya cuma sidik jari dan itu pun udah gaada.  Lalu kalo di penjara pun pasti bakal kabur lagi, secara punya dekengan. semacam hannibal di ending filmnya selalu kabur (SPOILER). 

Yang gue kagumin adalah  desain  scriptnya pun kalo di kumpulin dari ep 1-16 kaya sign nya Min

(cr. twitternya choi won young)

KARAKTER (spoiler banget)
karakter di drama ini beneran kompleks banget dan stabil. Cara mereka nunjukin kalo si karakter itu cerdas beneran meyakinkan. Dari segi percakapan pun 3 orang genius di drama ini bahan obrolannya beneran aneh, dengan level intelegensi yang entahlah.



Lee Hyeon (seo in guk) : Jenius  IQnya tinggi, tapi rendah di  EQnya. Genius profiler yang sekali liat langsung tau cara kematian, motif dan lain lainnya. Spitefull tongue. arogan, rude, penyayang, gila kebersihan. Tapi walaupun spitefull tongue, rude, bukan berati ke semua orang dia begitu. Karakter dia lebih ke tipe yang dalam berteman dia milih milih, dan harus percaya 100% sama orang tersebut. Yang gue kagum dari lee hyun, walaupun dia yakin tapi kalo belom ada bukti dia selalu bilang "mungkin", walaupun keyakinannya  99% dan ragunya 1% dia tetep gaakan mastiin. 

Cha ji an :
Petugas polisi yang beneran berani. Badannya kecil tapi ga punya takut (kecuali hantu). Kalo ada kasus dia selalu fokus dan dimanapun bukti bakal dia kejar.   Dia berani  ngelawan orang yang 2 kali lebih besar dari dia. Kaya karakter tris pior di insurgent sih tingkat keberaniannya tuh. 

Lawyer jung/Min :
Adik hyeon yang mentalnya ga stabil, serial killer. 

Lee joon young/ lee joon ho :
Serial killer yang ga pernah nyisain barang bukti dan ga pernah ninggal jejak mayat sama sekali. dia juga dokter forensik.

karakter favorit gue di drama ini tetep jatuh pada, son sunbae dan na bong sun. Gue emang paling lemah sama karakter yang kaya gitu. Mereka lucu banget dari na bong sun yang selalu ngomel ngomel dan nolak  karna selalu di kasih misi  sama lee hyeon, tapi akhirnya  selalu nurut dan berhasil ngejalanin misi. Sampe son sunbae yang ga bisa manggil david malah Dave dan  jadi musuh bebuyutan lee hyeon yang tiap ketemu selalu rusuh, tapi son sunbae diem diem ngefans lee hyeon sampe dia ngikutin stylenya lee hyeon.  
 

Tak lupa team leader


ROMANCE
Untuk drama ini romancenya beneran low key banget. Partnya cuma 10% dari jalan cerita. Tapi tiap muncul romance, romancenya  pas, dan ga keliatan maksa. Bisa dibilang  romance di drama ini salah satu dari romance on screen yang teralami dan perubahan dari benci, partner, sobat, sampe ke lovernya tuh meyakinkan banget. Sangat pelan pelan, dan "perasaan" itu muncul  lebih karna saling memahami satu sama lain,  saling percaya dan satu tujuan. karna keluarga mereka beneran hancur karna satu orang yang sama. Mereka juga lebih menjurus  ke saling dukung, kalo di ibaratkan relationshipnya hampir sama kaya tris dan four di "insurgent". Mereka buka tipe yang kalo cewe harus di selamatin cowo, tapi di mana ada kesempatan mereka bakal saling nyelamatin. Malahan lee hyeon yang sering di selamatin ji an. Trus ketika Jian mau ngehadepin langsung lee joon young dia selalu ijin dulu ke lee hyeon sampe lee hyeon setuju maka. "oke ayo".
Setiap romance muncul di drama  ini selalu memorable, karena cuma segitu-gitunya. Kaya cuma lee hyeon ngomong " Terimakasih cha ji an" " kamu udah bekerja keras" " Otak ku lagi kacau" itu tuh jatuhnya sweet banget. 
Bahkan cuma usap kepala doang, ngebenerin rambut, berjabat tangan, saling senyum, saling sebut nama, itu tuh bikin wa pusing, beneran  cha ji an sama lee hyeon  lucu banget.  Aplagi ketika lee hyeon ngungkapin gimana perasaan dia ke Ji an pake +ALPHA dan rumus matematika, yang ji an pun bingung apa maksudnya. Menurut gue itu kata kata teromantis yang pernah gue  denger di Kdrama.
Kemistrinya Lee hyeon dengan orang orang  selain  jian pun   bagus banget. Bahkan OTP lee hyeon di drama ini banyak. Cha ji an - lee hyeon, lee hyeon- min, Hyeon- son sunbae, Hyeon- na bong sun, Hyeon - lee joon young.
Bahkan bromannya Hyeon-Min beneran narik perhatian banget. Bahkan banyak juga orang yang lebih milih bromance daripada romancenya. Karena bromance disinipun kenceng juga.

ACTING
Untuk acting gue beneran kagum semuanya.  Bahkan kameo pun Superb, bisa di bilang mereka beneran ga banyak dialog,  ga banyak gerak dan ngandelin tatapan mata (yah bisa disebut begitu). Tapi kita yang nonton  tau, ngerti dan ngerasain perasaan mereka. Baikk, sedih, marah, peduli, bangga, dll. Ibaratnya "Small gesture mean a lot". Bahkan cuma liat mata aja kadang gue  nangis.

Gue juga baru liat ekting kyungsoo di drama ini , sungguh sangat alami. Kaya penampilan dia di exo showtime. tapi beda feelnya, serem, nyebelinya tuh dapet.

Seo in guk beneran kaya emang udah pas dan cocok jadi lee hyeon gue ga bisa protes padahal awalnya ragu. Ekspresi "sakit" nya Park bo gum beneran dapet banget wa liat matanya aja ikutan sakit. Trus ekspresi dia cepet banget berubah dari senyum ke sedih itu edan banget.  Choi won young pun menyebalkan, dia beneran jago banget ekting kaya anak kecil yang minta perhatian, tapi rapuh, tapi jahat, tapi menyebalkan(kompleks ga tuh) dan Cha ji an wa suka banget tiap dia ekting geer sama lee hyeon. pokonya cha ji an terbaik.  Kalo di rangking yang paling juara choi won young dia mah bener bener.

yang lucunya pemeran anak kecil hyun dan min tuh beneran adik kaka tapi dua duanya mirip sama yang versi gedenya.

KEKURANGANNYA
Banyak yang kita pengen tahu alasannya tapi  ga di bahas sampe akhir.
Banyak hole sih cuma ketutupan sama cerita dan ekting yang keren.
Polisinya ga pake sarung tangan di ep1, trus tidak terlihat kompeten.
ada lagi cuma bingung nulisnya gimana

KELEBIHANNYA
Kelebihannya udah wa bahas di awal awal. Pokonya I'LL REMEMBER YOU
Fav Scene




Untuk acting gue kasih 97+Alpha
Untuk story  90+Alpha
Over all 88/85+Alpha (nahloh bingung kan)
Untuk rating di koreanya: Kau sungguh menyebalkan

tambahan baru wa apdet 1 januari setelah nonton acara KBS award :
Asli aral banget kok jahat, yang dapet award cuma bogum doang itu pun popularity sama peran pendukung ( yang emang dia pantes banget dapet award, soalnya keren  ) cuma yaa please omg SIG CWY yang se aral itu ektingnya yang on point banget gitu ya ga dapet apa apa cuktau.

Tapi, untuk sinetron yang genrenya gini mah balik lagi ke selera.  Soalnya kalo liat dari review di internet banyak yang muji dan suka. Kalo nanya keluarga juga pada suka. Nanya ketemen, ada yang bilang boring, ada yang bilang bagus banget.

Tapi beneran ini drama masuk 3 besar gue.
1. Nine Times Travel
2. Reply 1997 (wa bingung sebenernya pengen masukin IRY ke no 2 tapi gamau geser reply dari no 2 karena terlalu berkesan dan berat ngegesernya)
3. Misaeng, dan Iremember you/ Hello Monster (nontonnya sama sama pake hati, dan ga tipikal)

Sumpah wa beneran ALAYERS SEJATI. Panjang banget tulisan gue. Jadi pengen makan bakso pake siomay bihun dan tulang di mas par


Tidak ada komentar:

Posting Komentar